Selasa, 27 Januari 2009

Mendapat “Beasiswa” dari Google Adsense & Blog


Beasiswa di era IT ini ternyata tidak harus datang dari lembaga beasiswa formal yang udah ada, dll. Tapi beasiswa lain pun bisa juga datang dari Google. Lho, bener!?!? Sumpeh lho…? kok bisa? Bisa! Caranya? Begini:

Setelah Anda memiliki blog di blogger.com atau blogspot.com, dan sudah ada isinya, ikuti langkah sbb:

(1) Daftar di http://google.com/adsense. Ikuti petunjuknya;
(2) Anda kemudian akan mendapat email konfirmasi dari google adsense, klik link di email tsb;
(3) Dalam waktu tiga hari atau lebih Anda akan mendapat persetujuan (approval) dari google adsense. Silahkan login ke http://google.com/adsense dg email dan password ketika mendaftar.
(4) Ambil kode iklan yg bentuknya sesuai dg selera Anda; masukkan ke dalam template blog Anda.
(5) Bahasa: bahasa blog/website yg diterima untuk kerja sama dg google adsense adalah Inggris (dan bahasa-bahasa negara Eropa lain)plus Cina, Jepang dan Korea. Artinya, bahasa Indonesia belum diterima sebagai rekanan kerja sama dg google adsense. Setidaknya untuk sementara ini.

Sistem Kerja Google Adsense

Sistem kerja iklan google adsense dikenal dg istilah PPC atau Pay Per-Click. Setiap pengunjung yg datang ke blog Anda dan kemudian meng-klik iklan google yg ada di situ, maka Anda sebagai pemilik blog (publisher)akan mendapat jatah bagian dari google. Besarnya bervariasi, tergantung iklannya.

Jadi, ada tiga komponen dalam google adsense (a) Advertiser atau pemasang iklan; (b) Company yaitu Google Inc.; (c) Publisher yakni pemilik blog/website yg ditumpangi iklan google.

Setiap ada iklan yg diklkik oleh pengunjung (bukan oleh Anda), maka Advertiser membayar kepada Google Inc. Bayaran tsb. oleh Google Inc. sebagiannya dibagikan kepada kita sebagai publisher. Semuanya terkalkulasi secara otomatis dg teknologi IT google yg super canggih.

Jadi, kita sebagai publisher tidak boleh main curang dg mengklik sendiri iklan-iklan diblog kita, karena pasti akan ketahuan. Dan apabila ketahuan, maka akan diberi peringatan satu kali, dan dipecat apabila melakukan lagi. Google tampaknya juga sedang mengajarkan kita langkah-langkah “mengurangi” korupsi… Sekedar diketahui, sudah banyak para “koruptor” Google yg dipecat dari rekanan.

Berapa sih Dapatnya?

Tergantung dari ramai tidaknya pengunjung blog kita. Semakin ramai tamu blog, semakin tinggi kemungkinan ada yg ‘iseng’ klik iklan google Anda, dan dg demikian semakin banyak hasil Anda perhari dan perbulannya. Sekedar info, salah seorang rekan kita di India sudah ada yg secara teratur mendapat antara $10 sampai $100 perbulan. Cukuplah sebagai tambahan penghasilan. Dan yg lebih penting, jumlah itu akan terus meningkat seiring dg peningkatan jumlah pengunjung blog yg datang. Selain itu, pendapatan itu tidak kita dapat dg susah payah. Ia seakan hanya “menemani” kita yang sedang menyalurkan hasrat berkontemplasi dalam bentuk tulisan, curahan hati (curhat), menulis puisi, cerpen dan bercanda.

Sistem Pengiriman Uang

Pengiriman akan dilakukan setiap kali pendapatan Anda mencapai $100 di setiap akhir bulan yg akan dikirim melalui cek citibank yg akan dialamatkan ke rumah kita (sesuai alamat yg Anda berikan ke google waktu mengisi formulir). Rekan yg saya sebut di atas sudah menerima beberapa kali cek dari google. Info terakhir ini perlu saya tekankan untuk meyakinkan Anda bahwa “beasiswa” iklan google ini betul-betul nyata dan terbukti, bukan main-main.

Contoh Big Earner, a case studies

Blog siapa yg tercatat mendapat pendapatan besar? Menurut Google yg membeberkan pendapatan salah satu publisher yg mendapat penghasilan besar adalah weblogsinc.com yg dalam setiap harinya meraup $600 (enam ratus dolar perhari). Ingat, setiap hari dan kalikan dg 30 hari. Berapa penghasilannya dalam sebulan?. Silahkan dibuka dan dibaca link tsb. untuk menambah “wawasan” googelisasi Anda.

Ada satu hal yg saya pelajari dari bisnis model baru ini: bahwa mencari uang halal itu mudah. Beda sekali dg pameo “orang dulu”: Cari uang haram saja susah, apalagi yg halal. Nampaknya, slogan tersebut sudah tidak relevan lagi di era IT ini.

Cara Mendaftar Google Adsense

Cara mendaftar di Google Adsense itu mudah, walau demikian ternyata banyak juga yg ditolak pada saat register pertama kali; bahkan ada yg terus gagal sampai putus asa. Berikut akan sedikit diuraikan langkah dan kiat serta trik selangkah demi selangkah dalam mendaftar di Google Adsense.

1. Kunjungi http://google.com/adsense, terdapat tulisan Click Here to Apply –> klik.

2. Terdapat menu Website Information.
(a) Di Website URL, tulis alamat situs atau blog Anda. Contoh: http://bukuresensi.wordpress.com;
(b) Pada Website language, pilih English (tak masalah walaupun blog Anda bahasa Indonesia).

3. Terdapat menu Contact Information:
(a) Account type, pilih “Individual”;
(b) Country or territory, pilih “Indonesia” atau negara mana saja yg Anda inginkan.

4. Payee name (full name), tulis nama lengkap Anda sesuai dg nama KTP atau rekening bank. Dan isi juga alamat lengkap rumah, telpon dan faksimil (yg ini tidak wajib) pada kolom bagian bawahnya.

5. Pada kolom Policies beri tanda ceklist semua kelima kotak yg ada sebagai tanda Anda setuju mengadakan perjanjian dg Google Adsense.

6. Pada kolom “Login Information” isi dg alamat email yg akan dipakai untuk login ke account Google Adsense apabila nanti sudah diterima; jangan lupa passwordnya minimal 7 (tujuh) yg merupakan kombinasi antara huruf dan angka. Misalnya angkanya lima dan hurufnya dua atau sebaliknya huruf sebanyak lima plus angka dua.

Catatan: Kalau Anda punya email gmail, sebaiknya memakai gmail. Tapi email lain juga tidak apa-apa.

7. Periksa sekali lagi semua yg diisi, apabila beres, klik SUBMIT INFORMATION.
8. Selesai. Anda tinggal menunggu approval atau berita OK dari Google Adsense. Biasanya setelah dua sampai lima hari. Selamat mencoba

Google Adsense Referral

Setelah diterima menjadi anggota afiliasi Google Adsense, maka langkah kedua adalah memasang kode/script di blog kita. Ada tiga program dalam Google Adsense yg dapat kita manfaatkan. Salah satunya adalah Adsense Referral di mana kita diperbolehkan untuk mempromosikan empat produksi Google di blog kita yaitu Google Picasa, Google Adsense, Google Adwords dan Google Firefox.

Keuntungan Adsense Referral: Apabila ada seorang pengunjung blog Anda yg mendaftar program Google Adsense atau Google Adwords dll melalui atau dg cara mengklik banner atau link di blog kita, maka keuntungannya sbb:

1. Google Adsense: Kita akan mendapat U$ 100 (seratus dolar) apabila pendaftar Adsense dari blog kita itu mendapat hasil U$ 100 yg pertama;

2. Google Adwords: Kita akan mendapat U$ 20 apabila pendaftar Adwords dari blog kita telah membelanjakan U$ 100 yg pertama.
3. Google Picasa: Kita akan mendapat U$ 10 cent sampai U$ 1 setiap kali ada yg mendownload program Google Picasa dg mengklik referral dari blog kita.
4. Google Firefox: Kita akan mendapat U$ 10 cent sampai U$ 1 setiap kali ada yg mendownload program Google Firefox dari blog kita.

Cara mengambil kode referral:

1. Log-in ke Google Adsense dg email dan password Anda.
2. Klik menu AdSense Setup.
3. Klik menu Referral
4. Ada dua pilihan di situ yaitu menu Wizard dan Single Page, untuk pemula biar mudah klik menu Single Page
5. Klik atau kasih tanda cek/tik di menu Google Adsense, dan pilih link atau gambar di bawahnya yg sesuai dg selera Anda kemudian kasih tanda tik/cek di gambar atau link tsb.
6. Di bagian paling bawah halaman ada menu Get Button Code, copy kode tsb dan pasang di blog Anda. Selesai.
7. Kasih tanda tik/cek di referral berikutnya yaitu Google Adwords, dan ulangi langkah nomor 5 dan 6. Begitu juga untuk Picasa dan Firefox.

Catatan:
1. Program Adsense Referral ini bisa dipakai untuk blog dalam bahasa apa saja, termasuk bahasa Indonesia.
2. Keempat produk di atas hanya boleh dipasang masing-masing satu untuk setiap produk dalam setiap blog. Jadi, dalam setiap blog maksimum cuma ada 4 (empat) produk referral.
3. Untuk Referral button dan link text lihat contohnya di sebelah kanan halaman ini (di bawah menu Site Feed). Adsense referral berbentuk button/banner, sedang yg lain (Adwords, Picasa dan Firefox) dalam bentuk text-link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar